Mengatasi Penyakit Anemia dengan Mudah

Mengatasi Penyakit Anemia dengan Mudah

KabarDunia.com Jika anda sering mengalami letih, pusing dan badan terasa lemas maka bisa dipastikan jika anda mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit anemia seperti kurang berolahraga, jarang mengkonsumsi makanan bergizi, sering begadang, dan penyebab lainnya. Kekurangan sel darah merah membuat tubuh menjadi mudah drop, hal ini dikarenakan fungsi sel darah merah sebagai pengikat oksigen menjadi berkurang.

Bahkan, jika tubuh teru mengalami kekurangan sel darah merah bisa mengakibatkan timbulnya penyakit lain seperti tipus, DBD, dan lainnya. Hal ini dikarenakan hemgolobon yang terdapat pada tubuh juga ikut menurun sehingga sistem kekebalan pada tubuh juga ikut terganggu. Berikut ini, akan saya jelaskan cara mudah untuk mengatasi penyakit anemia, silakan disimak ya:

Mengkonsumsi Lidah Buaya

Pada lidah buaya mengandung zat besi dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk mengatasi penyakit anemia. Anda bisa membuat jus lidah buaya, caranya kupas kulit lidah buaya, kemudian ambil dagingnya yang berbentuk gel dan bewarna agak putih, lalu dagingnya itu dihaluskan menggunakan blender, anda bisa mencampurkan gula sebagai tambahan rasanya.

Mengkonsumsi Jambu Biji

Jambu biji atau yang biasa disebut guava mengandung antioksidan yang sangat tinggi, selain itu pada buah guava ini juga memiliki kandungan zat besi dan juga senyawa yang dapat meningkatkan sel darah merah dan menambah pasokan hemoglobin di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi jambu biji secara langsung ataupun dibuat jus terlebih dahulu. Jika anda saat ini menderita penyakit tipus dan demam berdarah, maka mengkonsumsi jambu biji menjadi pilihat terbaik untuk anda.

Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung aneka vitamin, nutrisi, mineral, serat dan zat besi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh yang sedang sakit. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat meningkatkan sel darah merah. Contoh sayuran hijau yang biasa dikonsumsi adalah brokoli, bayam, dan kangkung.

Mengkonsumsi Ikan

Pada ikan terdapat kandungan protein, karbohidrat dan zat besi. Anda bisa mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan sel darah meraha dalam tubuh anda. Selain itu, kandungan protein di dalam ikan juga dapat meningkatkan stamina dan energi pada tubuh anda.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga artikel mengenai Mengatasi penyakit anemia dengan mudah dapat bermanfaat untuk anda.