Cara Mudah Mengatasi Diabetes

Cara Mudah Mengatasi Diabetes

KabarDunia.com Penyakit diabetes mellitus atau yang biasa dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan suatu gangguan sistem metaboliseme tubuh yang disebabkan oleh menurunnya aktivitas insulin dan tingginya kadar gula darah. Berdasarkan survey pada tahun 2013, jumlah penderita diabetes di Indonesia menempati urutan ke 7 terbanyak di Asia yaitu sebanyak 8,5 juta orang. Beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes yaitu sering mengkonsumsi pemanis buatan, merokok, minum alkohol, dan keturunan.

Selain itu, biasanya pada penderita diabetes akan mengalami gejala seperti berikut : sering merasa haus, sering merasa lapar padahal baru saja makan, kepala sering pusing, jarang atau susah berkeringat, dan luka yang tak kunjung sembuh. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mudah mengatasi penyakit diabetes. Silakan disimak ulasannya berikut ini.

Rutin Berolahraga

Dengan rajin berolahraga maka sistem metabolisme di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan pembakaran lemak, kalori dan glukosa sehingga keseimbangan tubuh tetap terjaga. Biasakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit per hari setiap pagi dan sore hari.

Hindari Pemanis Buatan

Jika anda termasuk orang yang sering jajan makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang, karena dapat menyebabkan tingginya kadar gula darah anda. Selain itu, pemanis buatan juga memicu timbilnya penyakit berbahya lainnnya seperti kanker dan leukemia.

Diet Sehat

Kebanyakan penderita diabetes diakibatkan oleh masalah kelebihan berat badan. Maka dari itu, untuk anda yang merasa memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya mulailah untuk diet dari sekarang. Namun, diet lah dengan cara yang sehat, seperti mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lainnya sepert gandum dan biji-bijan.

Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran mengandung banyak vitamin, serat alami, mineral, zat besi dan antioksidan sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran juga menjadi salah satu menu wajib bagi anda yang sedang menjalani diet. Dengan mengkonsumsi sayuran maka kadar gula di dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik.

Rutin Cek Gula Darah

Cara terkahir untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan rutin mengecek kadar gula darah minimal 3 bulan sekali. Sebenarnya, saat ini anda tidak perlu cek gula darah ke Rumah Sakit ataupun klinik, karena sudah ada alat khusus untuk cek kadar gula darah yang dijual di apotek terdekat.

Dengan melakuan semua cara diatas dengan benar dan rutin maka anda akan terhindar dari resiko penyakit diabetes. Semoga artikel mengenai cara mudah mengatasi diabetes dapat bermanfaat untuk anda.