3 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh

3 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh

KabarDunia.com –  Tumbuhan sirsak ternyata selain buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi, pada daunnya memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk menyembuhkan penyakit kanker. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian pada tahun 1976 yang dilakukan oleh National Cancer Institut. Hasilnya menyebutkan bahwa daun sirsak memiliki efek 10.000 kali lebih kuat untuk menyembuhkan kanker daripada kemoterapi, karena pada daun sirsak terdapat kandungan senyawa proaktif bagi tubuh ini, yang mana senyawa ini sangat jarang ditemukan pada tumbuhan lainnya.

Saat ini daun sirsak bisa kita dapatkan dengan mudah, anda bisa mendapatkannya dari pasar tradisional ataupun dari perkebunan. Selain untuk mengobati kanker, ternyata daun sirsak juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh dan juga mengobati beberapa macam penyakit lainnya. Mau tahu apa saja manfaat dari daun sirsak? Mari kita simak bahasannya berikut ini :

Merileksasikan Otot yang Tegang

Jika anda sering merasa pegal setelah menjalani rutinitas harian, biasanya hal tersebut disebabkan karena otot yang tegang. Hal ini bisa diatas dengan daun sirsak, caranya : ambil 5 helai daun sirsak, kemudian rebus hingga mendidih dengan menggunakan 3 gelas air, kemudian diamkan hingga menyusut menjadi 1 gelas air, setelah itu minum selagi hangat. Anda bisa minum air rebusan daun sirsak setiap hari setelah pulang kerja, sehingga otot pada tubuh anda menjadi lebih rileks.

Mengobati Luka dan Bisul

Manfaat lainnya dari daun sirsak adalah untuk mengobati luka, baik itu luka bakar ataupun luka goresan dan juga untuk mengobati bisul. Caranya sangat mudah, haluskan daun sirsak dengan cara diblender, ditumbuk ataupun dikunyah. Setelah halus, tempelkan pada kulit anda yang terluka dan pada bisul anda. Lakukan cara ini secara terus menerus agar luka anda bisa cepat mengering dan bisul anda segera mengempis.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Saat ini iklim pergantian cuaca sedang tidak pasti sehingga menimbulkan penyakit seperti flu, demam, dan lainnya. Hal ini dikarenakan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi daun sirsak dapat meningkatkan imun tubuh anda. Caranya, ambil 5 helai daun sirsak, kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih, diamkan hingga menjadi 2 gelas air, dan minum air rebusannya tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga artikel mengenai 3 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh dapat bermanfaat untuk anda.