Korea Selatan Diguncang Gempa Terbesar Sepanjang Sejarah

Korea Selatan Diguncang Gempa Terbesar Sepanjang Sejarah KabarDunia.com_Gempa-Korea_Korea Selatan

Kabardunia.com baru-baru ini membuat dunia merasa cemas, terlebih mereka yang memiliki kerabat di Negeri Gingseng. Mungkin semalam kalian sudah melihat sendiri banyak penggunaTwitter yang membuat Tweet dengan menyertakan hastag #PrayForKorea, yang bahkan sempat menjadi trending topic selama beberapa waktu.

Hastag tersebut tentunya digunakan dengan harapan bahwa warga Korea Selatan yang harus menghadapi gempa berkekuatan 5,8 SR diberi keselamatan.

Menurut Korea Meteorological Administration (KMA), gempa yang terdeteksi terjadi sekitar pukul 20.32 KST pada Senin (12/9) tersebut merupakan tremor terkuat yang pernah tercatat di semenanjung Korea. Catatan aktivitas seismik di Korea sejak tahun 1978. Selain itu, KMA juga mengatakan bahwa pisat gempa dekat dengan Naenam-meyon, sekitar 5 mil dari sebelah tenggara kota Gyeongju.

Sebelumnya, tercatat gempa berkekuatan 5,1 SR terjadi pada pukul 19.44 KST yang kemudian disusul gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter yang dirasakan oleh warga di seluruh penjuru Korea Selatan. Di Seoul, gempa kedua teras cukup kuat yakni sekitar 2 SR, menurut Pemerintah Metropolitan Seoul. Lebih lanjut, Pemerintah Metropolitan Seoul menyatakan bahwa pada pukul 01.00 KST pada hari Selasa (13/9), Korea Selatan mengalami total 111 gempa susulan dengan nagnitudo 2 hingga 4 SR.

Bukan hanya itu, Kementerian Keamanan dan Keselamatan Publik Korea Selatan juga menyampaikan bahwa gempa tersebut mengakibatkan 6 warga sipil mengalami luka-luka dan 102 kasus kerusakan telah dilaporkan dari seluruh penjuru negara tersebut pada tengah malam.

Orang-orang yang tinggal di daerah dan episenter gempa dilaporkan telah merasakan rumah beserta bangunan yang ada disekitarnya bergoncang hebat.

Sedangkan pejabat pemerintah setempat telah mengupayakan berbagai langkah keamanan dan pencegahan, seperti mendirikan Central Disaster and Safety Countermeasures Headquarters untuk mengumpulkan laporan mengenai kerusakan dan lebih baik memperkirakan bencana.

Presiden Park Geum Hye berjanji bahwa pemerintah akan melakukan segala upaya untuk memberikan keamanan tambahan bagi fasilitas seperti reaktor nuklir dan mengatasi kerusakan yang dapat disebabkan oleh guncangan gempa di Korea Selatan.

Selain itu, Perdana Menteri Hang Kyo Ahm mengambil langkah untuk memberikan dukungan kepada semua orang yang mengalami kerusakan material maupun luka fisik, memerintahkan setiap kementerian yang berhubungan dengan bencana untuk menjaga layanan darurat mereka terkait kemungkinan adanya gempa susulan.