Ini Dia Ucapan Raffi Ahmad yang Dianggap Melecehkan para Wartawan

Ini Dia Ucapan Raffi Ahmad yang Dianggap Melecehkan para Wartawan

KabarDunia.com Belakagan ini nama Raffi Ahmad maupun Istrinya Nagita seringkali menghiasi layar kaca, tetapi beberapa hari terakhir nama Raffi Ahmad menjadi sorotan seusai penampilannya di sebuah acara yang bertajuk ‘Happy Show’ hal ini tak lepas karena perilakunya yang dianggap telah menghina profesi seorang wartawan. Permasalahan ini pun akhirnya menjadi sorotan Forum Wartawan Hiburan Indonesia (Forwan) bersama dengan Barisan Advokat Bersatu (BARADATU)

“Raffi Ahmad sudah melecehkan nama wartawan di agenda live ‘Happy Show’ hari Minggu, tanggal 1 November, di stasiun tv swasta. Saya ingin membela harga diri kawan-kawan wartawan,” kata Sutrisno Buyil selaku Ketua Forum Wartawan Hiburan di Kantor Dewan Ceo Nasional Barisan Advokat Bersatu (BARADATU) kawasan Jakarta Timur, Selasa, 3 November 2015.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Sapriadi Samsudin, SH, MH, selaku Ketua BARADATU bahwa Forwan sudah membagikan surat kuasa tanggal 2 November 2015.

Ada 2 faktor yang sudah diperbuat oleh Raffi Ahmad terkait pencemaran nama baik wartawan. Raffi mengatakan bahwa wartawan bisa dibubarkan dengan air panas saat mereka  berkumpul. Seusai itu, pria berdarah Sunda itu berpendapat bahwa wartawan serta setiap orang bisa dibayar dengan uang recehan.

“Kali ini kami memkabarhuu somasi serta jika dalam 3 x 24 jam seusai somasi dibagikan, Raffi tidak memkabarhuu penjelasan serta permintaan maaf dengan cara serius, kami bakal melanjutkan perkara ini ke ranah pidana alias perdata,” ucap Sapriadi Samsudin SH, MH.

Suami Nagita Slavina itu dianggap sudah melanggar tindak pidana sesuai dengan pasal 310 serta 311 KUHP serta juncto pasal 27 UU ITE. Dengan cara tindak perdata, dirinya juga sudah melanggar pasal 1372 (KUH Perdata).

“Merujuk ke pasal 27 UU ITE, dirinya terancam hukuman penjara di atas 5 tahun. Dari pedoman perilaku penyiaran dalam pasal 9, maka media bisa tidak menyiarkan seluruh agenda dia,” tegas Sapriadi Samsudin.

Tentang permasalahan ini, Raffi pun sebelumnya sudah minta maaf. Ia tidak ingin bola panas ini berlanjut. Usai mengisi program komedi Pesbuker di studio ANTV, di Epicentrum, Kuningan, Senin, 2 Oktober 2015 petang, Raffi Ahmad meminta maaf atas ucapannya, yang dikualitas menyinggung hati insan media.

“Itu mah becandaan. Saya minta maaf kalau ada yang tersinggung. Jujur cuma bercanda,” kata Raffi.

Diungkap bapak satu anak itu, ia sendiri rutin meminta maaf usai menjalankan tugasnya sebagai komedian di agenda live.

“Setiap akhir agenda juga aku rutin minta maaf kok. Semua juga ada di script. Kami juga rutin buat candaan di luar script,” ucapnya.

Tanpa adanya kawan-kawan media, Raffi mengaku tidak bisa semacam sekarang. “Sama kawan-kawan (media) baik dong. Mereka yang buat saya bisa kaya gini. Saya minta maaf kalau salah,” ucapnya lagi.

Sebelumnya, dalam program ‘Happy Show’, 1 November di Trans TV, Raffi Ahmad serta Billy Syahputra melakoni sketsa drama sebagai wartawan. Dalam suatu¬† adegan, Raffi mengatakan, dirinya mempunyai tutorial jitu untuk lolos dari kejaran wartawan. Dua faktor di atas tadilah yang kemudian dilontarkan Raffi, yang kemudian disebutnya sebagai candaan.