Diprotes Sejumlah Orang Karena Ucapannya, Mamah Dedeh Minta Maaf

Diprotes Sejumlah Orang Karena Ucapannya, Mamah Dedeh Minta Maaf

KabarDunia.com Penceramah Dedeh Rosidah atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mamah Dedeh, sempat menerima banyak kritikan lantaran Mamah Dedeh memakai kata “autis” untuk menggambarkan kebiasaan seseorang yang terlalu asyik sendiri bermain dengan ponselnya. Kejadian itu terjadi ketika Mamah Dedeh menjawab suatu pertanyaan yang diajukan di dalam program Mamah serta Aa Beraksi yang memang dibawakannya di salah satu stasiun TV, pada pertengahan bulan Juli 2015 yang lalu.

“Maaf, saya sekarang lihat banyak orang yang autis gara-gara HP. Ada saudaranya, ada lakinya, ada anaknya, ngariung duduk, cengar-cengir saja sendirian begini, kayak orang gokil,” ucap Mamah Dedeh saat berceramah kala itu.

Pernyataan dari Mamah Dedeh itu rupanya memicu protes dari sejumlah penyandang autisme, khususnya melalui situs jejaring sosial.

Menanggapi faktor tersebut, Mamah Dedeh pun akhirnya mulai buka suara. Mamah Dedeh pun akhirnya meminta permohonan maaf atas apa yang telah dilakukannya melalui media.

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sebetulnya sama sekali tidak ada niat di hati saya memperolok-olokkan kata ‘autis’. Kata ‘autis’ yang saya gunakan sama sekali tidak bermaksud untuk mengganggu seseorang,” ucap Mamah Dedeh, ketika ditemui tim Kiss Indosiar di kediamannya di kawasan Jakarta.

Penceramah yang memang terkenal karena gaya ceplas-ceplos ini pun juga meminta supaya masyarakat tidak salah dalam menggunakan kata “autis” di dalam bahasa sehari-hari mereka. Faktor tersebut dimaksudkan supaya tidak menyinggung mereka yang sedang menyandang autisme.

“Saya juga setuju supaya kata ‘autis’ tidak dipakai untuk candaan sehari-hari,” ujarnya.

Sayangnya, Mamah Dedeh tidak membuka kesempatan kepada awak media untuk mengajukan pertanyaan. Ia pun juga tidak ingin memberikan pernyataan yang lain, supaya tidak memperpanjang kisruh yang telah ada.