Single ‘Photograph’ Ed Sheeran Hasil Plagiat Lagu Juara X-Factor?

Single 'Photograph' Ed Sheeran Hasil Plagiat Lagu Juara X-Factor?

KabarDunia.com – Pernah dengar lagu Photograph milik Ed Sheeran? Jika pernah, mungkin anda mengerti gimana enaknya lagu itu, namun lagu yang populer pada 2015 lalu ini, mendadak menjadi perbincangan hangat lagi usai sebuah kabar menyebutkan bahwa lagu tersebut merupakan hasil plagiat dan Ed Sheeran sendiri saat ini terpaksa berhadapan dengan hukum dan terancam didenda ratusan milyar.

Lagu “Photograph” milik Ed Sheeran sendiri diketahui pertama kali dirilis pada tahun 2014 silam, dan lagu yang meledak pada tahun 2015 ini pun kini diklain telah menjiplak single berjudul “Amazing” karya dari musisi bernama Martin Harrington serta Thomas Leonard. Menurut klaim mereka lagu Photograph milik Ed Sheeran telah menjiplak hampir tiap nada dari single “Amazing” yang mana telah dirilis oleh Matt Cardle sang jawara “X Factor” 6 tahun yang lalu.

Dilansir oleh laman NBC News, pihak penggugat sekaligus sang pencipta lagu, yakni Martin Harrington menyebutkan bahwa Ed Sheeran sudah dengan sengaja mengeksploitasi serta tak memberikan royalti kepadanya. Padahal, Ed Sheeran sendiri adalah seorang musisi profesional yang dinilai seharusnya mengenal baik dengan apa yang namanya hak cipta.

Kasus plagiat ini pun akhirnya berlanjut ke hukum, sang pelantun “Thinking Out Loud” itu pun kabarnya diharuskan membayar ganti rugi sebesar USD 20 juta (sekitar Rp 264 miliar). Namun sayangnya, hingga saat ini, Pihak Ed sendiri masih belum memberikan sebuah pernyataan maupun klarifikasi apapun terkait kasus ini.

Di sisi lain, Single “Photograph” ini memang merupakan salah satu karya dari Ed Sheeran yang cukup meledak di pasar musik dunia. Bahkan lagu tersebut pun juga sempat dijadikan sebuah soundtrack film yang berjudul “Me Before You”.