Acara Maulid Nabi dengan Natal Bersamaan, Masjid dan Gereja Bertetangga di Malang Saling Menjaga

Acara Maulid Nabi dengan Natal Bersamaan, Masjid dan Gereja Bertetangga di Malang Saling Menjaga

KabarDunia.com – Pada tahun ini ada sebuah momen dimana perayaan Maulid Nabi Muhamad dengan perayaan Natal bakal berlangsung berdampingan selama 2 hari erturut-turut. Di kota Malang, tepatnya jalan merdeka Barat ada sebuah masjid Agung Jamik yang bertetanggaan sekitar 30 meter dengan sebuah gereja besar Protestan Indonesiua bagian Barat (GPIB) Immanuel. Menariknya adalah kedua tempat beribadah besar di kota Malang tersebut bakal menggelar acara pada masing-masing yang diperkirakan bakal menyedot banyak jamaahnya.

Berdasarkan kalender masehi, Maulid Nabi bakal jatuh pada tanggal 24 Desember serta esoknya pada hari Jumat, 25 Desember, giliran umat Nasrani yang bakal merayakan hari raya Natal.

Masjid Agung Jamik Malang sendiri telah memiliki dua agenda kegiatan yang disiapkan untuk memperingati perayaan Maulid Nabi yang bakal berlangsung pada hari kamis ini. yakni acara pembacaan Salawat Nabi serta Hadrah Al-Banjari yang bakal dibawakan oleh dari kelompok Marabunta serta Kelompok Ishari. sedangkan itu GBIP Immanuel sendiri diketahui bakal menggelar acara kebaktian Natal mulai pada tanggal 24 Desember juga.

Acara salawatan itu sendiri menurut Muhamad Effendi, salah seorang pengurus Masjid Jamik mengatakan bahwa acara peringatan Maulid Nabi bakal digelar selepas Sholat isya pada tanggal 24 Desember. Sedangkan itu pihak Gereja Immanuel lokasinya cukup dekat dari masjid kebanggaan warga Malang tersebut, bakal menggelar acara kebaktian Natal di Gereja Immanuel.

Semantara itu pihak kepolisian pun meminta kepada Umat Muslim serta Umat Nasrani untuk tetap saling menghormati serta menjaga Toleransi yang selama ini telah terjaga diantara kedua belah pihak selama bertahun-tahun.