Usai Bendungan, Kini Kebun Raya Baturraden yang Diresmikan Megawati

Usai Bendungan, Kini Kebun Raya Baturraden yang Diresmikan Megawati

KabarDunia.com Megawati Soekarno Putri, Mantan Presiden RI akhirnya secara resmi membuka Kebun Raya (KR) Baturraden yang berada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (19/12/2015). Kawasan yang letaknya berada di kaki Gunung Slamet ini merupakan konservasi dari berbagai jenis tanaman dan pepohonan endemic pegunungan yang ada di pulau Jawa.

“hati saya rasanya ‘nyes’ karena sudah sekian lama menunggu,(peresmian Kebun Raya Baturraden)” ungkap Mega ketika memberikan sambutan saat acara peresmian.

Mega pun mengaku bahwa sudah bersabar selama 14 tahun untuk membuka Kebun Raya Baturraden ini. Karena rintisan dari Kebun Raya Baturraden sendiri sudah dimulai sejak tahun 2001 silam. Kebun Raya Baturraden ini nantinya diharapkan sanggup untuk menjaga lima fungsi dari KR antara lain adalah sebagai konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, serta jasa lingkungan.

Mega juga mengatakan, ketika dirinya berkunjung ke kebun raya yang ada di sejumlah negara, banyak juga yang kebun raya dijadikan juga sebagai tempat untuk rekreasi. Di sana pun juga tersedia fasilitas yang lengkap, misalnya saja restoran, cottage, sampai ada juga video tentang kebun raya itu teraebut. Sehingga pengunjung yang masuk pun dalam setahun bisa mencapai jutaan orang.

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, pun mengatakan bahwa kawasan Kebun Raya Baturraden yang berada di kaki Gunung Slamet ini mempunyai luas lahan seluas 143 hektare, dan sampai saat ini baru 11,5 persen yang telah dikelola secara intensif.

Ganjar pun juga mengungkapkan, bahwa saat ini sudah mulai dibangun sejumlah kebutuhan fisik serta sarana prasarana untuk melengkapi Kebun Raya Baturraden di antaranya adalah  rumah kaca, rumah nepenthes, rumah anggrek, rumah kompos, taman obat, pembibitan sampai pergola, taman tematik ‘flora of java’, kantor informasi, gazebo, area parkir, cottage, rumah dinas, toilet, jalan pedestrian, jalan gicok dan jalan eksisting. Kebun Raya Baturraden ini pun juga nanti diharapkan berfungi sebagai wadah penanaman serta pemeliharaan koleksi tanaman yang lain.

Wisata baru ini di jawa tengah ini memiliki koleksi flora khas pegunungan yang ada di Jawa dengan total koleksi mencapai 2.637 spesimen tanaman. Sedangkan untuk pembangunan Kebun Raya Baturraden ini sendiri menelan biaya mencapai Rp 300 miliar.