Bangun Seksi I Tol Cisumdawu, Pemerintah Ajukan Utang Rp1,7 T ke China

Bangun Seksi I Tol Cisumdawu, Pemerintah Ajukan Utang Rp1,7 T ke China

KabarDunia.com – Pemerintah dikabarkan bakal kembali melakukan peminjaman (loan) uang kepada China guna mengerjakan seksi I serta seksi III pada proses pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu).

Hediyanto selaku Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, bahwa pihaknya bakal kembali mengajukan loan kepada China usai sebelumnya juga meminjam untuk pengerjaan pada seksi II (Rancakalong-Sumedang 17 Km), sedangkan kali ini pemerintah bakal mengajukan loan kembali untuk pengerjaan pada seksi I serta seksi III sebesar Rp1,7 triliun.

“Kita sedang berusaha minta loan dari China sebesar Rp1,7 triliun untuk mengerjakan konstruksi seksi I serta pembebasan lahan sampai seksi III,” ujar Hediyanto ketika berada di Kawasan Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat, pada Jumat (18/12/2015).

Hediyanto pun menjabarkan, bahwa jatah peminjaman yang telah diberikan oleh pihak China untuk per 4 Km adalah sebesar Rp400 miliar. Dengan begitu berarti untuk menyelesaikan proses pembangun pada seksi I sepanjang 12 km maka dibutuhkan loan Rp1,2 triliun.

Sementara itu sisanya, bisa dipakai untuk membebaskan lahan yang ada pada seksi III, di mana saat ini seksi ini memang bakal dilelangkan. “Dengan dibebaskannya  lahan ini, maka ketertarikan pihak kontraktor untuk mengerjakan seksi ini bakal meningkat. Sebab sudah melewati proses pembebasan lahannya serta mereka tinggal membangunnya,” jelasnya.