Diprotes Masyarakat, Menhub Akhirnya Cabut Larangan Gojek dkk

Diprotes Masyarakat, Menhub Akhirnya Cabut Larangan Gojek dkk

KabarDunia.com – Belum genap sehari usai gencarnya pemberitaan dilarangnya Gojek atau pun ojek online sejenisnya, Menteri Perhubungan, Jonan Ignatius akhirnya mencabut mengenai larangan beroperasinya Go-Jek dkk tersebut. Jonan pun menegaskan, bahwa Kemenhub memberikan lampu hijau kepada Go-Jek dkk untuk kembali beroperasi usai banyaknya protes dari masyarakat.

“Ojek dan berbagai transportasi umum yang berbasis aplikasi dipersilakan untuk tetap beroperasi sebagai solusi sampai adanya transportasi publik yang layak dapat terpenuhi,” jelas Jonan saat berada di Jakarta, pada Jumat (18/12/2015).

Jonan pun menjelaskan, bahwa sesuai dengan UU 22 thn 2009, kendaraan beroda dua tidak dapat dikategorikan sebagai angkutan umum, karena dalam UU tersebut dijelaskan minimal beroda tiga. Namun realitasnya di masyarakat justru menunjukkan bahwa adanya kesenjangan yang cukup lebar antara kebutuhan terakit transportasi publik dengan kemampuan pemerintah untuk menyediakan angkutan umum yang lebih layak serta memadai.

“Kesenjangan itulah yang akhirnya berhasil diisi oleh para ojek” jelasnya.

“Terkait dengan adanya aspek keselamatan selama di jalan raya pun menjadi perhatian utama bagi pemerintah, dianjurkan agar terus berkonsultasi dengan pihak Korlantas Polri,” pungkas Jonan.