KSAU Minta Masyarakat Jangan Salahkan Presiden Soal Helikopter AW101

TNI AU Helikopter Baru Supermewah Khusus untuk Jokowi dan Tamu VVIP
KabarDunia.com Melihat keputusan TNI AU untuk membeli helikopter mewah, Agusta Westland AW101 telah membuat masyarakat heboh. Menko Polhukam, Luhut Binsar Pandjaitan, pun akhirnya ikut angkat bicara, Luhut mengatakan bahwa dirinya yakin pihak TNI AU telah mempertimbangkan matang-matang dalam mengambil keputusan pembelian helikopter kelas VVIP tersebut.

“Paling tidak helikopter AW101 ini jauh lebih baik daripada helikopter Super Puma yang telah dimiliki saat ini. Tetapi masih harus saya cek dulu ke KSAU nantinya,” jelas Luhut saat berada di kantor DPP Golkar, Jakarta, hari Kamis (25/11/2015).

Dia pun kembali menegaskan, bahwa pihak TNI AU memang pasti sudah punya alasan kuat kenapa hingga akhirnya membeli Helikopter mewah sekelas Agusta Westland AW101 tersebut. Terlebih lagi armada Super Puma yang selama ini dimiliki memang sudah berusia diatas 20 tahun.

Sebelumnya, Agus Supriatna selaku KSAU Marsekal TNI menegaskan, bahwa pembelian Helikopter mewah Agusta Westland AW101 tersebut bukanlah permintaan dari Presiden Joko Widodo. Tetapi memang sudah dimasukkan kedalam rencana strategi oleh pihak TNI AU demi meningkatkan profesionalisme para anggotanya, dimana pembelian heli Agusta Westland AW101 ini pun juga sudah masuk dalam alokasi anggaran. (Baca: TNI AU Beli Helikopter Baru Supermewah Khusus untuk Jokowi dan Tamu VVIP)

“Jadi jangan ada lagi kata-kata (pembelian) helikopter ini atas permintaan dari Presiden. Ini memang sudah sesuai dengan rencana anggaran yang telah disepakati,” ungkap Agus, pada Kamis (26/11/2015).

Dia pun juga menuturkan, bahwa pembelian helikopter Agusta Westland AW101 itu sudah melalui sebuah kajian panjang di bagian internal TNI AU.

“Janganlah dipolitisisasi. Ini adalah rencana saya. Pembelian (helikopter Agusta Westland AW101) ini akan menjadi tanggung jawab saya. Kalau nanti gak dipakai sama presiden ya dipakai saya,” ujar Agus.

Terkait adanya permintaan agar helikopter mewah itu dipasangi anti peluru, Agus pun mengatakan pihaknya masih akan melihat lagi anggarannya. jika dirasa cukup dan memungkinkan, bisa saja pada heli Agusta Westland AW101 ini nanti dipasang antipeluru, antijamming, antirudal, serta yang lainnya.

“Kalau helikopter milik presiden AS sudah dipasang segala macam, anggarannya pun bisa sampai 120 juta dollar AS,” lanjut Agus.

Ia pun berharap satu unit Helikopter Agusta Westland AW101 ini bakal tiba pada tahun 2016 nanti. “Insya Allah, sebelum tanggal 9 April 2016, helikopter Agusta Westland AW101 tersebut sudah tiba,” jelas Marsekal TNI Agus