TNI AU Beli Helikopter Baru Supermewah Khusus untuk Jokowi dan Tamu VVIP

TNI AU Helikopter Baru Supermewah Khusus untuk Jokowi dan Tamu VVIP

KabarDunia.com Beberapa hari belakangan beredar kabar mengenai pembelian Helikopter mewah model terbaru AgustaWestland AW-101 yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Menurut mereka pembelian heli supermewah tersebut tak lain bertujuan sebagai kendaraan bagi presiden Joko Widodo serta tamu-tamu khusus VVIP.

Kehadiran helikopter supermewah ini pun dilakukan tak lain untuk menggantikan armada helikopter SuperPuma yang selama ini biasa dipakai oleh presiden serta wakil presiden ketika berkunjung ke berbagai daerah. Tak hanya itu saja, keberadaan suku cadang helikopter AgustaWestland AW-101 ini juga lebih terjamin jika dibandingkan dengan helikopter SuperPuma.

“Pembelian itu dilakukan karena sparepart untuk SuperPuma terbatas, itu karena populasinya sangat sedikit,” jelas Marsekal Pertama Dwi Badarmanto, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Rabu (18/11).

TNI AU Helikopter Baru Supermewah Khusus untuk Jokowi dan Tamu VVIP 2

Sementara itu, menurut Marsekal Pertama Umar Sugeng Hariyono, Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma ada banyak sekali kelebihan yang terdapat dalam helikopter AgustaWestland AW-101. Apalagi menurutnya, helikopter AgustaWestland AW-101 sendiri merupakan helikopter generasi terbaru yang bakal didatangkan ke Indonesia.

“Helikopter AgustaWestland AW-101 ini jauh Lebih besar bagian kabinnya, untuk masuk ke dalam bisa berdiri enggak sampai harus nunduk. tidak seperti kalau naik heli yang biasanya, dan lebih canggih,” Jelas Marsekal Umar.

Jika tidak ada halangan, Helikopter supermewah AgustaWestland AW-101 tersebut bakal tiba di Jakarta pada tanggal 9 April 2016 mendatang, atau lebih tepatnya saat perayaan hari jadi TNI AU. Dengan hadirnya helikopter supermewah ini juga bisa menambah jumlah armada helikopter VVIP yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma.