Tak Hanya Hari Ayah, 12 November Ternyata Juga Hari Kesehatan Nasional

Tak Hanya Hari Ayah, 12 November Ternyata Juga Hari Kesehatan Nasional

KabarDunia.com – Siapa sangka dalam 1 hari bisa ada 2 perayaan hari penting, Yap ditanggal 12 November ini ternyata selain Hari Ayah juga dikenal sebagai Hari kesehatan Nasional. pada momen inilah sudah saatnya masyarakat Indonesia menganggap ini sebagai sebagai sebuah momentum untuk melihat serta lebih mengusahakan lagi kemajuan yang ada di bidang kesehatan di negeri tercinta ini. Prof dr Tjandra Yoga Aditama, selaku Mantan DirJen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, pun pada momen ini mencoba untuk mengutarakan mengenai saran dalam berbagai aspek demi kemajuan kesehatan yang ada di Tanah Air ini.

Salah satu hal yang ingin dia utarakan adalah mengenai pentingnya dibuat aturan untuk masyarakat agar mau untuk menjalani hidup sehat. seperti misalnya diadakan Car Free Day yang seringkali diadakan diberbagai kota-kota hal itu sangat baik karena menstimulus masyarakat untuk ikut berolahraga, selain itu diadakannya aturan ketat bagi para perokok di berbagai tempat umum seperti yang telah diterapkan oleh New York dan Singapura, mengingat semakin banyaknya anak kecil yang mulai ikut merokok di negeri tercinta ini, selain itu ia pun berharap Indonesia mau meniru negara Jepang dimana mereka membuat aturan ketat dan detil untuk mengurangi konsumsi gula disetiap makanan sachet mereka selain itu Jepang pun dikenal karena kepintaran mereka dalam memilah sampah sehinggah hasilnya pun bisa dilihat, Jepang termasuk negera yang lumayan bersih.

Tak hanya itu saja, Ia pun berharap Pemerintah juga mau terus berusaha menambah berbagai fasilitas umum seperti halnya Klinik untuk para pecandu rokok, alkohol dan macam lainnya, mengingat selama ini Indonesia dikenal karena minimnya kesadaran dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah.

Ia pun juga mengharapkan pemerintah membuat aturan agar masyarakat lebih rajin lagi dalam mengecek serta mengontrol kesehatan mereka, selain itu dimudahkannya masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mereka secara berkala baik itu melalui klinik, puskemas keliling atau apapun bentuknya.

Dirinya pun juga menuliskan, sesuai dengan Deklarasi Alma Ata 1978 serta WHO Report 2008 “Primary Health Care, Now More Than Ever”, maka sudah bisa dipastikan seharusnya pelayanan kesehatan adalah primer serta fundamental sehingga sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sistem pelayanan kesehatan ini pun sudah seharusnya lebih aktif lagi, terjangkai serta lebih bermutu lagi. untuk itulah dibutuhkan fasilitas yang memadai, staf yang mumpuni, dan teknologi yang mutakhir