Usai PAN, Kini Giliran GOLKAR yang PIndah Haluan ke KMP

Usai PAN, Kini Giliran GOLKAR yang PIndah Haluan ke KMP

KabarDunia.com – Ketika acara silaturahmi nasional yang dihadiri oleh ratusan kader serta para elit senior dari Partai Golkar, Agung Laksono dalam pidatonya menyampaikan sebuah pengumuman penting serta cukup mengejutkan. karena Agung Laksono mengaku bahwa dirinya sudah bersepakat dengan pihak Aburizal Bakrie untuk memberikan dukungan mereka terhadap pemerintahan saat ini yang dikomandani oleh Jokowi-JK yang selama ini diusung oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Keputusan ini bisa dibilang sangat mengejutkan mengingat selama ini Golkar dikenal cukup dekat dengan Partai Gerindra serta beberapa partai lainnya yang berada di Koalisi Merah Putih (KMP) yang selama ini dikenal karena berseberangan dengan kubu KIH.

“Kami (Agung Laksono dengan Abu Rizal Bakrie) sepakat mendukung pemerintahan Jokowi-JK tulus. Tapi bukan karena di sini ada Pak JK (Wapres Jusuf Kalla),” ujar Agung Laksono disambut dengan tawa riuh para kader partai yang saat itu memenuhi kantor DPP Partai Golkar, yang berada di Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, pada Minggu (1/11).

Bentuk dari dukungan Golkar, sifatnya adalah loyal tetapi juga tetap kritis. Dia pun mengaku bahwa saat ini masih terbuka ruang koreksi pada roda pemerintahan Jokowi-JK demi kemajuan serta kepentingan bangsa ini.

Langkah Golkar ini pun menyusul dari langkah Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya juga menyatakan sikapnya untuk mendukung roda pemerintahan dari Jokowi-JK. Pada September 2015 lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi pun menyatakan telah bergabung dengan pemerintahan Presiden RI saat ini Joko Widodo. Keputusan serta kabar mengenai bergabungnya partai yang berlambang matahari putih ini pun dilakukan saat berada di Istana Merdeka.

Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN mengaku bahwa keputusan yang telah diambil partainya itu masih belum dibicarakan dalam acara internal partai-partai yang telah tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Tetapi, PAN bakal segera melakukan komunikasi politik dengan pihak KMP.