Terus Menguat Rupiah Tembus Rp 14.200 per USD!

Terus Menguat Rupiah Tembus Rp 14.200 per USD

KabarDunia.com – Laju dari nilai tukar Rupiah terhadap USD terus menguat pada perdagangan hari Selasa (6/10) ini. Rupiah yang dibuka pada level Rp 14.475 per USD dari pagi tadi terus menguat bahkan menyentuh pada level Rp 14.200-an per USD-nya.

Data dari Bloomberg Index pun mencatat, Bahwa Rupiah sempat menyentuh pada titik terkuatnya di kisaran level Rp 14.200 per USD-nya pada pukul 09.10 WIB tadi. Saat ini, Rupiah pun masih terus bergerak di kisaran level Rp 14.227.

Rangga Cipta, Analis dari PT Samuel Sekuritas Indonesia didalam riset hariannya, pada Selasa (6/10), pun mengatakan, bahwa faktor eksternal jauh lebih mendominasi dalam penguatan Rupiah hari ini dibandingkan sentimen yang ada dari dalam negeri.

Rilis data para pekerja AS kemarin pun tidak sesuai dengan ekspektasi pasar. Sehingga hal itu menimbulkan perkiraan bahwa pada suku bunga The Fed belum ada rencana akan dinaikkan pada bulan Oktober ini.

“Dari domestik sendiri muncul sedikit optimisme dengan adanya kebijakan ekonomi pemerintah Jilid II. Akan tetapi dengan adanya pemangkasan proyeksi pertumbuhan Indonesia yang direncakan pada 2016 kelak oleh Word Bank sebesar 5,3 persen bisa menahan Rupiah,” ujarnya.