Meski Dibully Netter, Ternyata Tindakan Jusuf Kalla Sudah Sesuai PP?

Meski Dibully Netter, Ternyata Tindakan Jusuf Kalla Sudah Sesuai PP

KabarDunia.com Tindakan Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia yang tidak bersikap hormat ketika pengibaran bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT RI yang ke-70, yang digelar di Istana Merdeka pagi tadi, rupanya tidak menyalahi sebuah aturan. Tindakan JK tersebut ternyata dilakukan oleh Wakil Presiden RI yang pertama, Mohammad Hatta ketika sedang berdiri di sebelah Presiden Soekarno saat itu.

Berdasarkan dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1958 yang berkaitan dengan Bendera Kebangsaan Republik Indonesia, ada pada Pasal 20,  dimana pada saat upacara penaikan atau pun penurunan bendera kebangsaan, maka semua orang yang hadir diwajibkan memberikan hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadap kearah bendera hingga upacara tersebut berakhir.
Sikapnya Dibully Netter, Ini Alasan Kenapa Tindakan JK Sudah Benar!

Mereka yang sedang menggunakan pakaian seragam dari suatu organisasi maka harus memberikan hormat sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh badan organisasinya. Namun, bagi mereka yang sedang tidak menggunakan pakaian seragam, maka cukup memberikan hormat dengan cara meluruskan lengan ke bawah serta melekatkan bagian tapak tangan mereka dengan jari-jari yang rapat pada paha, sedangkan semua jenis penutup bagian kepala wajib dibuka, terkecuali kopiah, sorban, ikat kepala serta kerudung atau pun penutup kepala wanita yang digunakan menurut agama atau pun adat-kebiasaan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sendiri tertangkap kamera ketika tidak memberikan hormat kepada bendera saat acara pengibaran bendera merah putih dalam rangka upacara peringatan HUT RI yang ke-70, di Istana Merdeka, Jakarta. Walaupun kejadiannya hanya terlihat sepintas di layar televisi, tetapi tidakan tersebut justru membuat JK menjadi bulan-bulanan para netizen yang ada di dunia maya.

Semacam yang dicuit oleh pemilik akun twitter bernama @ayurizkiyani07 Kenapa Pak JK tdk mau Hormat pada saat pengibaran bendera ya? Itu kan seorang Wapres hrs pny rasa nasionalisme & menghormati Bangsa Sendiri.

Hal yang serupa pun juga dilakukan oleh pemilik akun @husni_tan saat Pengibaran Bendera pusaka @Pak_JK tidak memberikan Penghormatan, ada apa dgn tangan kanannya?.