TB Hasanuddin: Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Memang Sudah Uzur

TB Hasanuddin Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Memang Sudah Uzur

KabarDunia.com TB Hasanuddin, Anggota Komisi I DPR menyebutkan bahwa pesawat dengan tipe Hercules C-130 milik TNI yang siang tadi jatuh di Medan merupakan sebuah produk lawas yang telah diproduksi kurang lebih tahun 1960-an. Oleh karena itu, bisa dibilang pesawat tersebut saat ini telah tidak layak pakai lagi sebab usianya yang telah tua.

“Hercules yang jatuh kami cek itu Hercules yang lama, yang tipe pendek yang dulu di lapangan terbang Halim dipindah ke Malang. Memang sudah tua atau uzur, seharusnya enggak layak pakai karena produk tahun 60-an,” ungkap dari Hasanuddin ketika ditemui di Gedung DPR, Jakarta, pada Selasa (30/6).

Pesawat tersebut pun, memang telah menjalani berbagai perawatan rutin di Singapura. Tetapi, suatu pesawat tentu ada batasan umurnya. Karena itulah, pihaknya pun mengharapkan segera diadakannya pembelian pesawat yang baru serta tidak lagi menerima hibah.

“Enggak butuh menerima hibah yang kemudian kita harus membayarnya dengan lumayan mahal. Beli saja pesawat yang baru kalau hibah bisa dapat 10, yang baru hanya enam. Pilih yang enam saja,” ungkapnya.

Lewat momen ini, politikus dari PDIP ini pun menyebut bakal mengulas ulang dengan TNI mengenai anggaran yang bakal diperuntukkan memodernisasi alutsista milik TNI.