Pansel Bocorkan ‘Soal Ujian’ SBMPTN 2015

Pansel Bocorkan 'Soal Ujian' SBMPTN 2015

KabarDunia.com Panitia SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2015 “membocorkan” sedikit info mengenai soal yang bakal diujikan besok. Nantinya, bakal ada sekitar 25 persen dari total soal ujian yang sengaja dibuat mudah agar bisa dijawab oleh para peserta SBMPTN.

Rochmat Wahab, Ketua Umum dari SBMPTN 2015 pun mengatakan, materi di dalam ujian tulis bagi para peserta SBMPTN terdiri dari tiga kelompok besar yakni; kelompok ujian untuk sains serta teknologi (saintek); kelompok ujian untuk sosial serta humaniora (soshum); serta yang erakhir kelompok ujian campuran (yaitu gabungan saintek serta soshum), dan pasti saja semua berbeda. Tetapi, pada ketiga kelompok ujian tersebut bakal ada sekian persen soal yang dibuat mudah agar bisa dikerjakan.

Diapun mengatakan tingkat kemudahan di setiap soal ada sekitar 25 persen serta yang berada pada tingkat sulit ada sekitar 25 persen, Adapun 50 persen sisanya, merupakan kumpulan soal-soal SBMPTN yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Tetapi meskipun begitu, para peserta ujian pun sangat diharapkan dapat mengerjakan semua soal yang telah disediakan sehingga mereka sanggup lolos serta menjadi seorang mahasiswa di perguruan tinggi negeri sesuai yang mereka inginkan.

Ainun Naim, Sekjen Kemenristek Dikti pun mengatakan, tes SBMPTN tak selalu memberikan sebuah hasil yang memuaskan serta bukan berarti selalu merugikan bagi para peserta. Dirinya pun mengambil contoh, di suatu universitas yang telah melangsungkan SBMPTN, tak mungkin ada 100 persen dari peserta lolos semua. Begitu pun sebaliknya, tak patut juga apabila hasil tes di suatu universitas yang lainnya hasilnya kurang bagus semua.