Gempa Bumi di Bengkulu, Ratusan Rumah Retak

Gempa Bumi di Bengkulu, Ratusan Rumah RetakIlustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

KabarDunia.com – Gempa bumi yang mengguncang Bengkulu berkekuatan 6,1 skala Richter Sabtu dini hari tadi menimbulkan ratusan rumah warga di Kabupaten Mukomuko, retak.

Staf bagian pendataan Kantor Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Eriyadi mengungkapkan, gempa yang mengguncang tersebut berada di koordinat 2,79 Lintang Selatan – 101,99 Bujur Timur atau 63 kilometer tenggara Mukomuko serta 51 km barat laut Bengkulu Utara itu terasa kuat. Untungnya warga masih bisa keluar rumah.

“Getaran pertama sangat kuat, kita wajib merangkak keluar rumah,” ucap Eriyadi.

Kemudian terjadi 2 kali gempa susulan selama 5 menit kemudian dengan kekuatan lebih kecil dari yang pertama. Eriyadi menuturkan, gempa susulan ini memiliki dampak yang cukup besar, yaitu dengan bergetarnya atap rumah dengan munculnya keretakan pada dinding rumah.

“Warga tak berani masuk rumah, takut apabila terjadi gempa susulan bakal merobohkan rumah,” Eriyadi melanjutkan pembicaraannya.

Di sisi yang lain, Zulkarnain, seorang pekerja perkebunan kelapa sawit di PT Agromuko, Bunga Tanjung, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko mengungkapkan sekarang keluarganya bersama ratusan warga yang lain mengungsi ke Kecamatan Penarik yang berlokasi cukup dekat dengan Jalan Lintas Barat Sumatera.

“Jika bersi kukuh di Bunga Tanjung kita khawatir terjadi bencana lagi semacam berbagai tahun lalu, karena jauh dari jalan raya serta tak dapat berkomunikasi,” ujar Zulkarnain.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengungkapkan data secara resmi, pusat gempa berada di daratan di jalur sesar Sumatera. Namun gempa bumi ini tak berpotensi tsunami, tetapi dapat dirasakan cukup kuat di Bengkulu Utara, Mukomuko serta Lebong kurang lebih selama 3-5 detik.