Kapal Yang Mengangkut 625 Ekor Sapi Terbakar, Ini Penyebabnya

Kebakaran Kapal Pengangkit Sapi

Kebakaran Kapal Pengangkit Sapi

KabarDunia.com – Kapal Motor Asia Raya yang mengangkut 625 ekor sapi tujuan Samarinda, Kalimantan Timur, terbakar di tengah laut, Jumat dini hari, 15 Mei 2015. Diduga, kapal yang bertolak dari Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur, itu berlebih muatan.

Menurut seorang saksi yang melihat kejadian, kebakaran kapal tersebut berawal ketika kapal yang sarat muatan tersebut hampir tengelam dan berada dalam posisi yang miring. Beberapa anak buah kapal melakukan peringatan dengan melemparkan tembakan bola api SOS untuk pertolongan.

Diketahui penyebab kebakaran di atas kapal tersebut terjadi karena percikan bola api SOS yang jatuh dan terkena rumput diatas kapal, kebakaran pun tidak bisa dihindari karena banyaknya bahan yang mudah terbakar di atas kapal.

Menurut salah seorang perawat sapi yang berada dalam kapal naas itu, “Api mulai membesar setelah rumput yang berada di atas kapal yang telah terkena percikkan bola api SOS terbakar”, kamipun langsung terjun ke laut.

Dalam kejadian tersebut untungnya, kapal yang berbobot lebih dari 951 groston yang juga didalamnya terdapat 14 orang Anak buah kapal dan 24 orang perawat sapi, berhasil menyelamatkan diri dengan menceburkan diri ke laut dan menunggu pertolongan dari tim SAR dan seterusnya di evakuasi ke pelabuhan.

Seorang anak buah kapal yang bernama Jalalludin mengatakan, bahwa sebelum terjadinya kebakaran di kapal, Seluruh kru dan anak buah kapal (ABK) sudah berupaya untuk menstabilkan kembali kapal yang sudah berposisi miring tersebut dengan berbagai cara, salah satu nya dengan membuang balance air. Tetapi sayang sekali, semua usaha dan upaya yang dilakukan itu tetap tak bisa menyelamatkan kapal dan akhirnya bertambah miring dan terjadilah kebakaran.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab pasti terjadinya kebakaran pada kapal tersebut 14 ABK dan 24 kleder sapi dibawa ke kantol Adpel Kupang untuk dimintai keterangan mengenai kebakaran kapal dan kapal sudah berhasil dipadamkan.