Jumat Besok, Pemprov DKI bakal Terapkan CFD Saat Hari Buruh

 Jumat Besok, Pemprov DKI bakal Terapkan CFD Saat Hari BuruhCar Free Day Jakarta. ©2015 merdeka.com/imam buhori

KabarDunia.com Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan hari bebas kendaraan alias car free day (CFD) pada saat peringatan hari buruh internasional atau lebih dikenal May day yang akan jatuh pada hari Jumat (1/5). Dalam pelaksanaannya nanti, Pemprov DKI bakal bekerja sama dengan pihak Polda Metro Jaya.

Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta pun menjelaskan, penerapan dari CFD ini berfungsi supaya tak ada lagi gangguan lalu lintas karena bakal ada demo dari ribuan buruh yang akan turun ke jalan-jalan protokol di Jakarta.

“Kami ada rencana sama Polda akan bikin car free day saja (ketika May Day). Sama seperti hari Minggu saja, sepanjang jalur utama Jakarta,”  ungkapnya ketika berada di Balai Kota DKI Jakarta, pada Selasa (28/4).

Dia juga menambahkan, meskipun CFD bakal diterapkan serta demonstrasi para buruh dipastikan bakal kembali terjadi, tetapi operasional dari bus Trans Jakarta saat May Day besok dipastikan akan tetap berlangsung seperti hari biasa.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga mengimbau terhadap para buruh supaya melakukan demonstrasi tanpa melakukan perusakan terhadap pot-pot tanaman yang ada di sepanjang jalan serta harus membuang sampah pada tempatnya.

“Pokoknya tidak rusak-rusak pot dan tanaman, nanti kita akan gugat (kalau ada pengrusakan). Kita sudah bilang, anda harus tertib. Jangan buang sampah sembarangan,” tutup Ahok.