Sore Nanti Wakapolri Baru, Komjen Pol Budi Gunawan Bakal Dilantik

Sore Nanti Wakapolri Baru, Komjen Pol Budi Gunawan Bakal DilantikKomjen Pol Budi Gunawan (Liputan6.com/Faisal R Syam)

KabarDunia.com Wakil Kapolri yang baru bakal segera dilantik pada sore hari nanti. Kepastian itu pun telah disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti seusai mengikuti agenda rapat di Komisi III DPR.

“Nanti sore, belum tahu di mananya, yang pasti di Mabes Polri,” ujar dari Badrodin ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Badrodin haiti mengaku, telah mengumumkan kepada pihak Istana negara bahwa pada hari ini bakal melantik calon wakapolri (Budi Gunawan) yang baru. Menurut berita yang disebut-sebut, Komjen Pol Budi Gunawan yang bakal menduduki posisi wakapolri tersebut.

Badrodin pun menuturkan, ,mengenai pengangkatan dari Jenderal Bintang 3 sebagai seorang Wakapolri telah melewati Dewan Kepangkatan serta Jabatan Tinggi (Wanjakti). Wanjakti sendiri telah menggelar sidang pada hari Jumat 17 April 2015.

“Sidangnya memang tanggal 17 (April). Tapi belum bisa keseluruhan, karena sebagian (anggota Wanjakti) masih di luar negeri. Sehingga baru kemarin Selasa lengkap dan kemarin kita laksanakan rapat,” ujar lebih lanjut Badrodin Haiti.

Proses Terpilihnya Budi Gunawan

Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso pun mengatakan, bahwa pada sidang Wanjakti bertujuan untuk memilih sosok Wakapolri pendamping dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

“Jadi hasil kita bersama, hasil keputusan bersama kita bahas, bulat. Nggak ada itu (perdebatan). Ya namanya kekompakan organisasi Polri itu disitu. Begitu Kapolri menentukan A, sudah kita ikut A,” ucap Komjen Budi Waseso ketika berada di Mabes Polri.

Pria yang juga kerap disapa dengan Buwas ini juga menekankan, penentuan dari nama Wakapolri pun berjalan dengan cara aklamasi. Nama seorang perwira tinggi dengan bintang tiga itu sudah bulat disetujui sebagai sosok Wakapolri. “Nggak pakai alot. Ya nama tunggal,” jelas Buwas.

Setelah nama tersebut disepakati, Kapolri lalu akan memberi tau nama tersebut terhadap Presiden.”Sifatnya ya pemberitahuan karena itu kewenangan Kapolri. Kapolri melaporkan ke Presiden,” tuturnya lebih lanjut.

Dia juga menuturkan, sidang mengenai penentuan Wakapolri sejatinya digelar pada Jumat 17 April 2015. tetapi, saat itu ada anak buah Wanjakti yang belum lengkap. Mereka yang saat itu tak hadir, saat itu juga langsung dimintai mengenai pendapatnya lewat telepon. Mereka sendiri merupakan 3 Irjen serta 1 Komjen.

“Ditelepon. Ya semua telah dihubungi,” tutup dari alumnus Akademi Kepolisian pada tahun 1984 ini.

Keterangan yang tak sama justru disampaikan oleh Pratikno, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Dalam sebuah pesan singkatnya, ia mengaku bahwa hingga saat ini belum menerima surat keputusan Dewan Jabatan serta Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) mengenai akan diadakannya pengangkatan Wakapolri baru.

“Saya sudah cek, Setneg belum menerima surat dari Kapolri,” ucap dari Pratikno saat di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Namun demikian, menurut Pratikno tak adanya surat tersebut, bukan berarti Presiden Jokowi tak mengetahui mengenai penetapan Komjen Budi Gunawan tersebut sebagai Wakapolri baru. Ia yakin, Badrodin Haiti sudah melakukan komunikasi langsung dengan Presiden Jokowi terkait faktor tersebut.

“Setelah saya cek ke Kapolri, penjelasan beliau bahwa setelah dilantik sebagai Kapolri, Pak Badrodin Haiti melakukan konsultasi ke Presiden mengenai bagaimana pengisian jabatan Wakapolri,” ceritanya lebih lanjut.

Pratikno juga mengatakan, bahwa Presiden Jokowi telah memberikan kepercayaan penuh terhadap Kapolri serta Wanjakti untuk mengangkat Budi Gunawan menjadi Wakapolri.   “Presiden mengatakan bahwa dalam pengisian Wakapolri, Presiden memberikan kepercayaan kepada Wanjakti dan Kapolri untuk menentukan siapa yang menduduki jabatan Wakapolri, dan kemudian Kapolri akan melaporkannya kepada Presiden,” jelas Pratikno.