Pertamina Luncurkan Pertalite, BBM Jenis Baru

Luncurkan Pertalite, Pertamina Berharap Orang Beralih dari PremiumPertalite, BBM jenis baru yang mulai diluncurkan awal Mei Besok

KabarDunia.com PT Pertamina (Persero) telah berencana untuk mengeluarkan sebuah produk bahan bakar minyak (BBM) baru yang bernama Pertalite pada Mei 2015 besok. BBM yang kabarnya memiliki oktan 91-92 ini sendiri bakal dipasarkan dengan harga jual di bawah Pertamax.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan, sekarang perseroan sedang melakukan persiapan untuk meluncurkan produk baru BBM tersebut.

“Kami sedang lakukan persiapan-persiapan. Itu kan produk baru yang bakal dikeluarkan oleh pemerintah. Kami masih melakukan konsolidasi internal serta cari timing yang cocok untuk launching,” ujarnya ketika ditemui di Yogyakarta, Jumat (12/4/2015).

Dia juga menjelaskan, tak sedikit pertimbangan yang saat ini sedang pikirkan oleh Pertamina untuk menghadirkan BBM baru (Pertalite) ini. Salah satunya ialah terkait soal pangsa pasar BBM yang ada di masing-masing wilayah di Indonesia.

“Kami lihat kondisi pasar. Pertamina ingin kalau produk ini nanti keluar menjadi substitusi atau komplementer dari Ron 88 (Premium) yang selama ini dipakai,” jelasnya lebih lanjut.

Dengan menghadirkan Pertalite, lanjut Wianda, Pertamina berharap bakal menambah dari tipe BBM yang dapat dipasarkan dengan harga komersil tanpa adanya ketergantungan subsidi dari pemerintah.

“Kami ingin lebih banyak lagi jual BBM  dengan cara komersil dapat dipasarkan oleh Pertamina,” kata dia.

Untuk segi distribusi BBM jenis Pertalite ini nantinya, Wianda mengungkapkan bahwa faktor tersebut tak bakal menjadi persoalan sebab Pertamina telah mempunyai infrastruktur pendukung semacam terminal BBM serta mobil tangki minyak untuk menyalurkan BBM Pertalite ini.

“Dari segi distribusi telah siap, sebab terminal-terminal BBM telah ada, serta kami punya mobil tangki untuk perbuat itu. Tinggal lihat apakah ini diproduksi di kilang-kilang tertentu, kelak kami lihat lokasi produksinya,” jelasnya.

Meski tak mengungkapkan dengan cara pasti kapan bakal diluncurkan, tetapi Wianda memastikan bahwa dalam waktu tak lama lagi masyarakat dapat mulai membeli produk baru ini.

“Kita harapkan tak dalam waktu yang lama,” tandasnya.

Pertalite sendiri adalah BBM baru yang bakal dikeluarkan oleh Pertamina dengan kadar oktan yang berkisar antara 90 sampai 91, alias di antara premium yang beroktan 88 serta pertamax yang beroktan 92. Harga Pertalite ini juga diperkirakan bakal lebih terjangkau dari pertamax serta lebih mahal dari premium.