Jadwal dan Info Lengkap Hasil SNMPTN 2015

Jadwal dan Info Lengkap Hasil SNMPTN 2015Jadwal Lengkap SNMPTN 2015

KabarDunia.com Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN 2015 ) adalah penjaringan para calon mahasiswa yang melewati hasil penelusuran melalui jalur prestasi siswa ketika sedang belajar di tingkat SMA atau sekolah yang sederajat. Penjaringan ini sendiri dinilai berdasarkan dari hasil nilai rapor mulai semester satu hingga semester lima untuk program belajar selama tiga tahun. Sedangkan untuk yang masa belajarnya empat tahun akan berdasarkan hasil nilai rapor dari semester satu hingga semester tujuh.

Syarat untuk mengikuti SNMPTN 2015 wajib memenuhi ketentuan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Untuk sebuah lembaga sekolah, wajib terdaftar sebagai salah satu sekolah resmi yang namanya tercatat di database pemerintah serta mempunyai NPSN. Sekolah juga wajib mengisi data PDSS dengan benar.

Kemudian untuk para siswa yang bakal mendaftar SNMPTN 2015 wajib kandidat siswa yang bakal lulus pada tahun 2015. Calon pendaftar pun wajib mempunyai NISN serta terdaftar pada database PSS. Sebagaimana yang telah disebutkan pada awal, sebab untuk penjaringan ini akan dilakukan berdasarkan hasil nilai akademik, jadi siswa wajib mempunyai rapor semester satu hingga lima atau pun semester 1 hingga tujuh.

Berikut ini jadwal penting SNMPTN 2015 yang wajib diperhatikan:

22 Januari – 12 Maret 2015: Pengisian serta Verifikasi PDSS

13 Februari – 15 Maret 2015: Pendaftaran SNMPTN 2015

14 April 2015 – 28 April 2015: Pencetakan kartu peserta SNMPTN 2015

16 Maret – 8 Mei 2015: Proses Seleksi

9 Mei 2015: Pemberitahuan Hasil Seleksi

9 Juni 2015: Proses verifikasi serta  daftar ulang di PTN bagi yang dinyatakan lulus.

Meskipun Pendaftaran dari SNMPTN 2015 telah ditutup pada 15 Maret 2015 silam. Bagi yang telah selesai mendaftar, kini adalah waktunya untuk mempersiapkan segalanya. Kesiapan mental serta lainnya wajib disiapkan mulai sekarang. Sebab persiapan ini bakal menentukan masa depan dalam meniti sebuah pendidikan yang lebih tinggi.

Alur selanjutnya seusai mendaftar, seleksi melewati program SNMPTN 2015 bakal memasuki bagian ketiga, yaitu proses pencetakan kartu peserta SNMPTN 2015. Bagian ini bakal dilaksanakan pada tanggal 14 April hingga 28 April 2015. Seusai itu, pada 16 Maret hingga 8 Mei 2015 bakal dilaksanakan sebuah proses seleksi yang berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh siswa.

Adapun ketentuan untuk mengikuti seleksi, panitia penyelenggara menentukan berbagai kriteria yang telah ditetapkan. Panitia seleksi bakal meninjau data hasil rapor dari semester 1-5 (program belajar tiga tahun) serta semester 1-7 (program belajar empat tahun) guna menentukan kelolosan. Prestasi-prestasi akademik lainnya pun juga bakal turut menentukan. Di samping itu, rekam jejak serta kinerja sekolah juga bakal menjadi perhitungan para panitia. Dengan cara keseluruhan, panitia penyelenggara akan melaksanakan proses seleksi ini dengan adil serta akuntabel. Sehingga, tak ada perbedaan perlakuan yang berdasarkan suku, agama, serta lainnya.

Setelah semua proses tersebut telah selesai, pendaftar bisa melihat dari hasil seleksi SNMPTN 2015 pada 9 Mei 2015. Pemberitahuan mengenai kelulusan tersebut bisa diakses melewati situs resmi mereka yang beralamat di www.snmptn.ac.id. Kemudian, bagi para pendaftar yang dinyatakan telah lolos wajib melakukan daftar ulang di perguruan tinggi yang bakal dilaksanakan pada 9 Juni 2015.