Baru Mau di Upgrade, Jet Tempur F-16 Sumbangan AS Keburu Meledak

Baru Mau di Upgrade, Jet Tempur F-16 Sumbangan AS Keburu MeledakJet Tempur F-16 yang akan Lepas landas

KabarDunia.com Jet tempur F-16 milik TNI AU hasil dari hibah Amerika Serikat, pagi tadi meledak di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015). Pesawat yang memiliki tail number TS-1643 itu adalah hasil refurbished atau daur ulang dari AS.

Dikutip dari laman tni-au.mil.id, jet tempur F-16 tersebut aslinya adalah Jet Tempur F-16 C/D block 25 yang akan menjalani upgrading serta refurbished rangka ‘airframe’ serta modernisasi sistem ‘avionic’ dan persenjataan di Ogden Air Logistics Center Hill AFB, Utah, Amerika Serikat. Upgrade dari pesawat F-16 C/D 52ID itu sendiri dilakukan untuk menambah dari sisi performa sehingga menjadi setara dengan F-16 block 50/52.

Upgrading tersebut terutama akan meliputi pemasangan ‘otak serta syaraf’ baru ke sebuah pesawat yaitu Mission Computer MMC-7000A versi M-5 yang saat ini juga digunakan Block 52+. Radar AN/APG-68 (V) yang juga ditingkatkan performa sesuai sistem baru.

Selain itu juga akan ada improved Modem Data Link 16 untuk berkomunikasi data canggih, Embedded GPS/INS (EGI) block-52 yang akan menggabungkan manfaat GPS serta INS dan bermanfaat untuk penembakan JDAM (Bomb GPS), Electronic Warfare Management System AN/ALQ-213.

Radar Warning Receiver ALR-69 Class IV serta Countermeasures Dispenser Set ALE-47 juga akan ditingkatkan untuk melepaskan Chaffs/ Flares anti-radar/anti-rudal. Sedangkan bagian performa radar AN/APG-68 (V) akan ditingkatkan supaya sanggup mendukung peralatan serta system baru yang dipasang.

Jet Tempur F-16 tersebut merupakan hasil hibah yang diterima oleh pemerintah Indonesia pada bulan September 2014 itu meledak di Lanud Halim Perdanakusuma pada pagi tadi pukul 08.20 WIB. Pesawat tersebut meledak saat bakal melakukan lepas landas di runway 6 Lanud Halim PK.

“Pesawat saat itu sedang persiapan untuk take off, lalu seusai sampai di ujung landasan, pesawat tiba-tiba saja meledak dan terbakar,” kata Hadi dikutip dari Liputan6.com di Jakarta.

Hadi juga mengatakan, dampak insiden itu, Jet Tempur F-16 tersebut mengalami kerusakan parah. F-16 yang memiliki tail number TS-1643 yang akan diterbangkan Letkol Pnb Firman itu mengalami roda kiri copot serta seluruh tahap mesin terbakar.