Mulai Hari Ini PT KAI Resmi Terapkan Tarif Baru Tiket Kereta Api

Mulai Hari Ini PT KAI Resmi Terapkan Tarif Baru Tiket Kereta Api

KabarDunia.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terhitung sejak Rabu (1/4/2015) ini mulai akan menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2015. Dengan seiring mulai efektifnya dari GAPEKA 2015 tersebut jadi jadwal perjalanan kereta api serta tarif KA serta KRL juga akan mengalami perubahan.

Untuk tipe KRL, per hari ini tarif yang dikenakan kepada penumpang tak lagi berdasarkan jumlah stasiun yang dilalui melainkan dari jarak tempuh total yang telah dilalui oleh para penumpang.

Tidak hanya itu saja, dari sisi pengoperasiannya, PT KAI Commuter Jabodetabek juga bakal menambahkan rute perjalanan KRL dengan cara penambahan sejumlah rangkaian kereta yang baru.

Dalam perjalanannya nanti para pemakai KRL juga bakal dikenakan berdasarkan tarif antara 1-25 kilometer (km) dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 serta bakal bertambah Rp 1.000 setiap kelipatan 10 km.

Sementara mengenai kereta api jarak jauh, KAI juga sudah menerapkan tarif barunya serta jadwal keberangkatan yang baru. Dimana kenaikan tarif tersebut sangat bervariasi antara 30 persen sampai 60 persen.

Sebagai salah satu contoh, dengan adanya GAPEKA 2015 ini kelak harga tiket Kereta Api Logawa dengan jurusan Stasiun Purwokerto-Jember yang dari sebelumnya seharga Rp 50 ribu per orang akan menjadi Rp 80 ribu per orang.

Selain itu juga untuk Kereta Api Progo dari jurusan Lempuyangan-Pasar Senen dari yang sebelumnya berharga tiket Rp 50 ribu per orang kini menjadi Rp 75 ribu per orang.

Untuk itu, bagi para pemakai KRL ataupun pelancong yang sering maupun sedang memakai Kereta Api jarak jauh serta sedang, dapat langsung melakukan pengecekan tarif baru serta jadwal keberangkatan baru.