Akhirnya, Polri Beri Izin Polwan untuk Berjilbab

Akhirnya, Polri Beri Izin Polwan untuk Berjilbab

KabarDunia.com Setelah terjadi perdebatan cukup lama, Mabes Polri akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan mengenai Polwan Berjilbab. Surat Keputusan itu baru saja diterbitkan pada hari ini.

“Selamat terhadap polwan muslim yang ingin memakai hijab, saat ini telah dikeluarkan Perkap Polwan berhijab yang telah disahkan dengan Kep Kapolri 245/III/2015. Tgl 25 maret 2015 mengenai Perubahan Atas Sebagian Isi Surat Keputusan Kepala kepolisian Negara RI no Pol: SKEP/702/IX/2005 tanggal 30 Sept 2005 mengenai Sebutan, Penggunaan pakaian dinas seragam Polri serta PNS Polri,” tulis Divisi Humas Mabes Polri di akun Facebook, Rabu (25/3).

Seperti diketahui, dulu Kapolri Jenderal Sutarman sempat berencana bakal mengimplementasikan gagasan Polwan yang berjilbab tersebut segera. Tetapi, Wakapolri Komjen Pol Oegroseno justru beranggapan lain, ia justru menilai kebijakan itu belum dapat segera dilakukan sebelum adanya surat keputusan yang sah.

Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) yang terdiri dari berbagai ormas Islam pun mendesak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk segera menerbitkan aturan baru sehubungan dengan pemakaian jilbab oleh Polisi Wanita (polwan) selagi menjalankan tugas.

“Mengenakan jilbab itu hak orang, tak boleh dilarang,” tegas Ketua Umum dari LPOI KH Said Aqil Siroj dalam sebuah jumpa pers di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta.

Menggunakan jilbab, tambah Kiai Said, semacam lazimnya wanita di luar profesi polwan, tak bakal mengganggu aktivitas pekerjaan. “Mengenakan jilbab kan tak mengganggu aktivitas. polwan yang berjilbab tetap dapat mengatur lalu-lintas, tak mengganggu, sama sekali tak mengganggu,” urainya.

Atas dorongan tersebut, Polwan akhirnya diizinkan mengenakan jilbab dalam menjalankan tugasnya, LPOI juga mendesak Polri agar dapat menerbitkan aturan tersebut sebagai payung hukum.

“Kalau ada polwan yang nyatanya ingin memakai jilbab selagi bertugas, itu wajib diakomodir oleh Polri. Caranya bagaimana? Buat aturan yang dapat menjadi landasan hukum pijakannya,” urai Kiai Said.

Polri sendiri sebelumnya telah sempat memamerkan beberapa seragam Polri yang berhijab.