Lee Kuan Yew Meninggal, Singapura Tetapkan Berkabung Nasional Seminggu

Lee Kuan Yew Meninggal, Singapura Tetapkan Berkabung Nasional Seminggu

KabarDunia.com – Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong memberitahukan hari berkabung nasional selama seminggu mulai dari 23-29 Maret untuk menghormati kepergian ayahandanya, Lee Kuan Yew. Pemberitahuan itu disampaikan PM Lee melalui siaran langsung di kantornya, pada pagi ini.

Dikutip dari ChannelNewsAsia, pada Senin (23/3), sebagai penghormatan kepada mendiang Lee Kuan Yew, seluruh gedung pemerintah bakal mengibarkan bendera setengah tiang. Selain itu, seluruh keluarga bakal menggelar upacara tertutup di Gedung Sri Temasek mulai pada pagi ini sampai besok (24/3).

“Jasad tuan Lee bakal disemayamkan di Gedung Parlemen sepanjang Rabu sampai Sabtu, supaya rakyat mendapat peluang untuk memberikan penghormatan terakhir kepadanya. Bagi yang ingin memberikan penghormatan terakhir akan dipersilakan datang ke Gedung Parlemen mulai pukul 10 pagi sampai 8 malam setiap hari,” demikian keterangan resmi yang dirilis Kantor Perdana Menteri Singapura.

Sementara, untuk upacara pemakaman negara bakal dihelat pada Minggu (29/3) kurang lebih pukul 2 siang di University Cultural Centre, National University of Singapore. Pemakaman ini bakal dihadiri seluruh anggota keluarga Lee Kuan Yew, sahabat serta para staf, Presiden Singapura, anak buah parlemen, anak buah kabinet, para mantan penjaga, serta orang-orang yang dekat sepanjang hidupnya. Upacara ini akan ditutup dengan proses kremasi yang akan digelar secara tertutup di Mandai Crematorium.

“Buku serta kartu ungkapan duka bakal diletakkan di sepanjang depan Pintu utama Istana mulai pada Senin sampai Minggu, disediakan juga bagi rakyat yang ingin menuliskan penghormatannya terhadap tuan Lee. Buku duka terbuka bagi seluruh warga di Singapura serta para sahabat.”

Sebelumnya, pemerintah Singapura dengan cara resmi memberitahukan mengenai kepergian Lee Kuan Yew kepada seluruh dunia. Lee dinyatakan telah meninggal pada usianya yang ke-91 tahun.

“Perdana Menteri menyampaikan duka yang mendalam untuk memberitahukan mendiang Lee Kuan Yew, Perdana Menteri Singapura yang pertama. Lee meninggal dalam keadaan yang damai di Singapore General Hospital pada pagi ini pukul 03.18 waktu Singapura. Usianya sekarang 91 tahun,” demikian rilis resmi kantor Perdana Menteri Singapura.