Harga Sembako Belum Turun, Pemerintah Justru akan Naikkan Harga BBM April Nanti

Harga Sembako Belum Turun, Pemerintah Justru akan Naikkan Harga BBM April Nanti

KabarDunia.com – Harga minyak dunia saat ini tengah mengalami kenaikan. Faktor tersebut akan berimbas pada kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan tipe Premium.

Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengakui bahwa harga Premium akan segera mengalami kenaikan tepatnya pada 1 April mendatang. Alasannya, karena saat ini harga minyak dunia sedang mengalami tren kenaikan.

“Premium juga otomatis naik sebab kan mengikuti perkembangan harga dunia,” ucap dirinya yang ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (20/3).

Selain Premium, Solar juga akan mengalami kenaikan. Pasalnya, pemerintah saat ini menerapkan subsidi yang bersifat tetap sebesar Rp 1.000 per liter.

“Kalau Solar naik ya Premium ikut naik juga. Sebab hanya Solar yang kami subsidi Rp 1.000 per liter. Sedangkan, Premium kan mengikuti harga keekonomian,” lanjut dia.

Namun sayangnya, Sofyan Djalil tak merinci berapa besaran kenaikan pada April nanti.

Seperti kita ketahui, sekarang, pemerintah telah tak lagi mensubsidi Premium. Dengan begitu, jika harga minyak dunia naik jadi harga premium ikut otomatis mengalami kenaikan.