Hilal Terlihat, Sidang Isbat Memutuskan Malam Ini Awal Ramadhan 1438 H

Hilal Terlihat, Sidang Isbat Memutuskan Hari Ini Awal Ramadhan 1438 H KabarDunia.com_Hilal-Terlihat-Sidang-Isbat-Memutuskan-Hari-Ini-Awal-Ramadhan-1438-H_sidang isbat

KabarDunia.com – Nuansa Ramadhan semakin terasa, Penentuan awal Ramadhan pun juga telah dilaksanakan. seperti yang telah diketahui bersama setelah melakukan sidang isbat Kementerian Agama pun memutuskan bahwa Ramadhan 1438 H bakal jatuh pada

Rosidin Karidi selaku Juru bicara dari kemenag sendiri telah menjelaskan bahwa dalam sidang isbat untuk penentuan awal Ramadhan 1438 H yang berlangsung tadi melalui tiga tahapan.

Tahapan yang pertama dalam sidang tersebut tak lain adalah pemaparan mengenai posisi hilal yang dilakukan oleh para pakar astronomi. Pemaparan ini sendiri dilakukan sampai menjelang dimulainya salat Maghrib. kemudian tahapan yang kedua tak lain adalah sidang tertutup yang mana diikuti oleh para pimpinan dari berbagai ormas islam dan para undangan lainnya seperti misalnya duta negara sahabat dan pimpinan komisi DPR RI.

Adapun untuk proses sidang isbat sendiri dilaksanakan seusai salat Magrib sampai adanya laporan mengenai hasil dari rukyatul hilal yang disebar diberbagai lokasi. Menurut informasi yang didapat, ada 84 titik yang mana tersebar di 33 provinsi yang ada di Indonesia.

Sedangkan tahap terakhir sendiri dari sidang isbat ini sendiri tak lain adalah penyampaian hasil sidang isbat mengenai awal ramadhan 2017 kepada masyarakat luas.

Sebelumnya, ormas besar Muhammadiyah sendiri telah mengumumkan bahwa awal Ramadhan pada hari ini dan mulai berpuasa besok. sedangkan sejumlah ormas lainnya masih menunggu dari hasil sidang isbat yang baru saja digelar.

Dengan adanya berita ini maka bisa dipastikan mulai malam ini kita telah memasuki 1 Ramadhan dan mulai berpuasa besok pagi. selain itu besar kemungkinan juga hari raya idul fitri akan jatuh pada tanggal yang sama dan serentak.

Untuk mendownload jadwal imsakiyah, anda bisa mendownloadnya disini, Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2017 1438H di 38 Kota Seluruh Indonesia