Stok Blanko e-KTP di Sejumlah Daerah Kosong, Ini Ternyata Penyebabnya

Stok Blanko e-KTP di Sejumlah Daerah Kosong, Ini Ternyata Penyebabnya KabarDunia.com_Stok-Blanko-e-KTP-di-Sejumlah-Daerah-Kosong-Ini-Ternyata-Penyebabnya_e-ktp

KabarDunia.com Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil , Zudan Arif Fakrulloh, mengungkapkan pada saat ini, stok blanko di pusat sudah habis. Semua sudah didistribusikan ke daerah. Dan di beberapa daerah saat ini stoknya sudah habis sejak beberapa saat lalu.

” Ada yang tinggal sedikit dan masih ada yang masih punya banyak blanko. Kondisinya berbeda-beda tiap daerah,” kata Zudan, di Jakarta, kemarin.

Total blanko yang masih beredar di daerah kata Zudan sebanyak  2.963.477 lembar.   Saat ini di pusat sedang berlangsung proses lelang. Diharapkan pertengahan November blanko baru sudah tersedia kembali. Dan segera didistribusikan. Tapi kata Zudan lagi, karena pakai chip itulah, mencetak blanko e- KTP tidak bisa dengan mudah serta cepat proses pembuatannya.

” Di Indonesia sendiri sampai sekarang belum ada perusahaan yang bisa memproses atau cetak chip blanko e- KTP tersebut,” katanya.

Jadi, kata dia, blanko dengan chip masih dicetak di luar negeri. Chipnya sendiri di pesan dari luar negeri dan baru kemudian masuk ke Indonesia melalui pemenang lelang yang kemudian disusun untuk menjadi blanko e-KTP itu sendiri. Chip merupakan salah satu komponen penting dari blanko e-KTP.

” Ada dua merk chip yang sudah bisa untuk e-KTP yaitu NXP dari Belanda. Dan ST Micro dari Perancis. NXP berkantor pusat di Belanda, ST Micro berkantor pusat di Perancis,” kata Zudan.

Sementara untuk produksi kata dia, meliputi design, fabrikasi wafer, dan modul packaging. Dan, untuk tiap tahap produksi boleh jadi berbeda negara.