Jokowi Akhirnya Copot Archandra Tahar dari Posisi Menteri ESDM

Jokowi Akhirnya Copot Archandra Tahar dari Posisi Menteri ESDM

KabarDunia.com – Pesiden Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan tegas dengan memberhentikan secara hormat Archandra Tahar dari posisi menteri ESDM. Keputusan mengenai pemberhentian Archandra Tahar ini pun disampaikan melalui Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara.

Dengan diberhentikannya Archandra Tahar sebagai Menteri ESDM, Jokowi pun langsung menunjuk Luhut Pandjaitan yang sebelumnya berada pada posisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman untuk menggantikan sementara posisi Archandra Tahar.

Keputusan ini sendiri disampaikan oleh Pratikno di Istana Negara, Jakarta, pada Senin petang (15/8). Kepada seluruh pers yang hadir, Ia sendiri seolah enggan untuk mengurai sebab-musabab dari pemberhentian menteri ESDM tersebut secara rinci.

“Pemberhentian ini berlaku efektif mulai besok,” jelas Pratikno, yang juga didampingi oleh Juru Bicara Kepresidenan, yakni Johan Budi.

Sebelumnya, Publik pun sempat heboh lantaran beredarnya kabar yang menyebutkan bahwa status kewarganegaraan dar Archandra Tahar adalah Amerika Serikat bukan lagi Indonesia. Archandra sendiri dilantik bersama dengan beberapa menteri lainnya, pada saat adanya reshuffle ketiga pada Kabinet Kerja.

Tak pelak, hal ini pun membuat Jokowi berada pada posisi sulit, terlebih lagi Archandra Tahar sendiri belum sampai sebulan bekerja sebagai seorang menteri di Kabinet Kerja.