Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Mulai Tembus Rp.120 Ribu Perkilo

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Mulai Tembus Rp.120 Ribu Perkilo

KabarDunia.com – Harapan Presiden Joko Widodo untuk menstabilkan harga daging sapi menjadi Rp. 80ribu/kg saat lebaran sepertinya susah untuk tercapai. Alih-alih menjadi turun saat lebaran, kini harganya justru mencapai Rp120 ribu/kg. Para pedagang di pasar Pengalengan, Jawa Barat pun mengakui bahwa harga jual daging sekitar Rp20 ribu/kg.

“Mulai hari ini, kami bersama dengan para pedagang sepakat untuk menaikkan harga. Hal itu pun terpaksa kami lakukan karena sekarang harga beli dari bandar juga naik,” ujar salah seorang pedagang.

Ia pun juga mengaku kenaikan dari harga daging ini bakal kembali lagi terjadi dalam satu hari sebelum menjelang Lebaran. Biasanya, pada saat itu permintaan daging sapi bisa meningkat sangat drastis.

“Kemungkinan Selasa akan naik lagi mungkin akan mencapai Rp140 ribu/kg,” ujarnya.

Sementara, Dodo salah seorang pedagang sapi lainnya pun juga mengaku jika penghasilan pada Lebaran kali ini menurun jika dibandingkan dengan penghasilan di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tak lain karena menurutnya, dalam waktu sepekan menjelang Lebaran kali ini penghasilannya tak lebih dari Rp10 juta.

“Pendapatan kami juga mengalami penurunan. Harga beli dari bandar terus naik tapi jumlah pembeli tidak ada kenaikan,” ungkapnya.

Tak cuma daging sapi, harga dari daging ayam pun mulai merangkak naik. Kenaikan harganya mencapai Rp2 ribu/kg dan terus merangkak.

“Kemarin masih Rp35 ribu per kg, sekarang sudah naik jadi Rp37 ribu. Selasa nanti kemungkinan naik jadi Rp40 ribu,” jelasnya.