Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag bakal Gelar Sidang Isbat Sore Nanti

Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag bakal Gelar Sidang Isbat Sore Nanti KabarDunia.com_Tentukan-Awal-Ramadhan-Kemenag-bakal-Gelar-Sidang-Isbat-Sore-Nanti_Ramadhan

KabarDunia.com – Bulan Ramadhan tinggal hitungan jam lagi, Kementerian Agama sendiri berencana bakal menggelar sidang Isbat untuk penentuan awal dari bulan Ramadhan 1437 Hijriyah pada sore nanti. Kementerian Agama pun juga telah mengundang seluruh organisasi keagamaan yang ada di Indonesia untuk mengikuti jalannya sidang dalam penentuan Ramadhan kali ini.

Menurut rencana, Sidang Isbat sendiri bakal mulai digelar pada pukul 17.00 WIB, Jalannya sidang pada sore ini pun dipastikan bakal berjalan secara tertutup. Selain itu sidang isbat nanti sore bakal dimulai berdasarkan dari laporan yang masuk dari para petugas-petugas kementerian agama yang telah disebar disejumlah titik-titik tertentu guna melihat posisi hilal.

“Seluruh ormas Islam sudah kita undang,” jelas Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat ditemui di rumah dinasnya, yang berada di Komplek Widya Chandra, Jakarta.

Jika dilihat berdasarkan dari perhitungan hisab, maka bisa dipastikan tanggal 1 Ramadhan 1437H bakal jatuh pada hari Senin, tanggal 6 Juni 2016. Akan tetapi sama seperti biasanya, setiap tahun pemerintah Indonesia menentukan awal Ramadhan selalu dengan cara melihat posisi hilal.

“kedua metode ini akan kita lakukan secara bersama-sama agar bisa saling melengkapi,” tutupnya.