BMKG Bantah Isu Fenomena Equinox Di Indonesia

BMKG Tepis berita palsu tentang EquinoxKabarDunia.comFenomena Astrinomi yang terjadi pada dunia hari ini adalah EQUINOX. Equinox adalah sebuah peristiwa dimana matahari berada pada sebuah titik tertentu pada bumi. Tedapat dua macam equinox yakni Equinoks Vernal dan Autumnal Equinox.

Equinoks Vernal adalah titik musim semi matahari yang menandai dimulainya musim semi pada belahan bumi bagian utara yang terjadi pada tanggal 21 Maret dan 23 Spetember pada belahan bumi bagian selatan.

Sedangkan Autumnal Equinox adalah titik musim gugur matahari yang menandai dimulainya musim gugur pada belahan bumi bagian selatan pada tanggal 21 Maret dan 23 Sepetember pada belahan bumi bagian Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Indonesia (BMKG), yang diwakili oleh Dr. Yunus S Swarinoto menjelaskan, Equinox adalah salah sebuah fenomena astronomi yang biasa terjadi saat matahari melintasi garis khatulistiwa.

Hal yang unik saat fenomena ini berlangsung adalah durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk pada wilayah wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun pada bagian selatan.

kabar yang beredar luas di dunia social media banyak yang menyebutkan bahwa di Indonesia akan mengalami kenaikan suhu hingga 40ºc. namun hal ini dibantah leh perwakilan dari BMKG. Suhu di Indonesia akan tetap normal yakni kisaran 32ºc hingga 36ºc. berbeda dengan apa yang terjad di daerah Afrika.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk tetap beraktifitas sebagaimana biasanya dan tetap menjaga kebugaran tubuh saat beraktivitas.

Berbeda dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat Meksiko, mereka berbondong bonding untuk menaiki Piramida yang ada di daerah mereka untuk menyambut permulaan matahari untuk megambil energy selama satu tahun. (A_Art)