Sambut Gerhana Matahari Total 2016, Inilah Tata Cara Solat Kusuf

Sambut Gerhana Matahari Total 2016, Inilah Tata Cara Solat Kusuf

KabarDunia.com – Hanya kurang dua hari lagi kita bakal disuguhkan sebuah keindahan ciptaan Tuhan berupa Gerhana Matahari Total yang menurut jadwal bakal terjadi besok Rabu tanggal 9 Maret 2016. Peristiwa Gerhana Matahari Total 2016 ini sendiri merupakan sebuah peristiwa langka yang hanya akan bisa dilihat dari 12 provinsi yang ada di Indonesia.

Semarak akan menyambut peristiwa langka ini sendiri sudah terjadi sejak seminggu terakhir, ada banyak persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak yang provinsinya kelak bakal dilewati, namun ada salah satu hal yang cukup penting terutama bagi sebagian orang hal ini tak lepas karena peristiwa Gerhana Matahari Total 2016 ini bakal jatuh bersamaan dengan perayaan Hari Raya Nyepi, selain itu khusus bagi umat muslim juga sangat dianjurkan untuk melaksanakan Sholat Kusuf.

Sholat Kusuf sendiri menurut dari HR. Bukhari & Muslim,”Telah terjadi gerhana Matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana Matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Bahwasanya Matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana.”.

Sholat Gerhana sendiri juga dianjurkan karena hal ini pernah dilakukan juga oleh Rasulullah saw seperti yang dijelaskan oleh Achmad Mulyadi, Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan.

“Shalat gerhana merupakan sebuah syariah yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad semasa beliau hidup di tahun ke-10 Hijriah,” jelasnya.

Sedangkan untuk Sholat Gerhana Matahari sendiri dilakukan sebanyak 2 rakaat. dan berikut ini merupakan tata cara sholat kusuf yang telah kami dapatkan dari sejumlah sumber

  • Berniat di dalam hati. Saya niat salat sunnah gerhana matahari/ kusuf dua raka’at karena Allah Ta’ala.
  • Takbiratul ihram.
  • Baca doa iftitah, berta’awudz, lalu diikuti surat Al-fatihah dan surat yang panjang dengan tidak dikeraskan suaranya.
  • Ruku sambil memanjangkannya.
  • Bangkit dari ruku (itidal) sambil mengucapkan Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana wa lakalhamd’.
  • Setelah i’tidal, baca surat Al-Fatihah dan surat, yang panjang (lebih singkat dari yang pertama).
  • Ruku kembali (lebih pendek dari ruku sebelumnya)
  • I’tidal.
  • Sujud panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk diantara dua sujud dan sujud kembali.
  • Bangkit dari sujud, lalu menjalankan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakannya lebih singkat dari sebelumnya).
  • Tasyud.
  • Salam.
  • Setelah salam, Imam menyampaikan kotbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran zikir, doa, istighfar, dan sedekah.

Sementara itu, Lukman Hakim Saefudin, selaku Menteri Agama sendiri juga turut menganjurkan kepada umat Islam untuk ikut melakukan doa khusus saat terjadinya Gerhana Matahari besok.

Lukman pun mengatakan bahwa dari hasil laporan yang telah diterimanya dari Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, pihak Masjid Agung bakal melakukan Sholat Gerhana.

“Ini telah menunjukan bahwa masyarakat yang ada di Palembang saat ini sudah siap untuk menyambut kedatangan dari Gerhana Matahari Total (GMT),” ungkapnya.

gerhana matahari 2016,  gerhana matahari,  acara gerhana matahari di palembang, jadwal gerhana matahari 2016, festival gerhana matahari palembang, gerhana matahari total 2016, jadwal gerhana matahari, festival gerhana matahari, festival gerhana matahari di palembang, acara gerhana matahari, gerhana matahari 300 tahun sekali, gerhana matahari terjadi berapa tahun sekali, wisatawan yang datang untuk melihat gerhana matahari, jangka waktu gerhana matahari di tempat yang sama akan terulang berapa tahun lagi, hotel yang mengadakan acara gerhana matahari dibelitung, gerhana total palu sekali seratus tahun, gerhana total 300 tahun sekali, gerhana pertama kali tahun, gerhana mthari total trjadi brp th utk daerah yg sama, gerhana matahari total terjadi tipa tahun sekali di tempat yang sama, suasana gerhana matahari total, gerhana matahari total, vidio gerhana matahari total di lht dari angkasa, seperti apakah wujud gerhana matahari total com, apa itu gerhana matahari total, suasana gerhana matahari, kapan gerhana teman terjadi di indonesia, GGerhana matahari total