Mahasiswa Teknik UGM Pelajari Cara Kerja Tangan Robot pak Wayan

 

Mahasiswa UGM Pelajari Cara Kerja Tangan Robot Pak Wayan dari Bali

kabardunia.com-Mahasiswa_Kunjungi_Iron_Man_Bali

KabarDunia.com – Beberapa hari terakhir ini netizen indonesia  di hebohkan dengan berita seorang jenius asal Bali Indonesia yang berhasil menciptakan sebuah robot tangan yang membantunya bekerja sehari-hari. Wayan Sumardana begitulah orang mengenalnya, pak Wayan berhasil menarik perhatian warga Bali dan sekitarnya untuk mendatangi rumahnya sekaligus bengkelnya di Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Di bengkel Sumardana, tidak sedikit warga maupun orang-orang yang mengunjunginya menyempatkan mengabadikan manusia robot dari Bali tersebut. Beberapa orang juga tertarik mempelajari perakitan tangan robot miliknya.

Seorang Mahasiswa  D3 Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bernama Afwan Kurniawan, menyempatkan waktu datang ke bengkel pak Wayan untuk melihat dari dekat tangan robot yang dimiliki oleh pak Wayan.

Afwan bertutur bahwa “saya kebetulan lagi liburan didekat sini, saya sangat terinspirasi dari karya pak Wayan yang inovatif. Ini selaras dengan jurusan saya, teknik elektro, Insya Allah, bermanfaat bagi saya.” Kamis 21 Januari 2016.

Afwan juga mengaku bahwa dia sangat tertarik dengan kreasi pak wayan yang sangat brilian. “Pengamatan saya, dalam prinsip engineer, melakukan sesuatu dalam keterbatasan menjadi dampak besar tentu itu merupakan inovasi, kreatif dan progresif”.

Sang Iron Man yang akrab di sapa pak Tawan itu pu berbagi ilmu yang dimulikinya. Beliau juga tidak segan menceritakan langkah-langkah maupun alur dari sistem kerja tangan robotnya kepada warga maupun orang yang bertanya kepadanya. Beliau pun berbagi pengalaman mengenai penyakit dan caranya bertahan hidup dengan kondisi tersebut.